Sumber: http://fie-link.blogspot.com/2010/11/pasang-keyword-dan-deskripsi-di.html#ixzz1RTatvIIl

ucapan

Kamis, 07 Juli 2011

Membuat Efek Kilatan Cahaya Neon

Selalu ada ide kalo kita mau belajar sob, hehe. Jujur...sebenernya saya gak bisa dengan photoshop,  tapi yaa banyak ilmu yang bisa kita pelajari di dunia internet ini sob...Sekali lagi maaf kalo hasil dari tutorialnya masih sangat standar. Tapi dengan cara-cara yang standar ini tentu sobat semua bisa mengembangkannya jadi menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Masih banyak situs yang mempelajari khusus tentang photoshop ini. Tapi saya disini mencoba berbagi sesuatu yang udah saya dapat sob...


Oke kita langsung ke tutorialnya aja sob, sekarang saya mau berbagi tutorial tentang Membuat Efek Kilatan Cahaya Neon.

1. Seperti biasa silahkan sobat buka photo yang mau sobat edit di photoshop (Ctrl+O).

2. Setelah itu baru lakukan seleksi untuk memotong dan menghapus background photo tersebut dengan menggunakan Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool, atau Magnetic Lasso Tool. Hasilnya kurang lebih seperti ini:

2. Buka sebuah gambar untuk background yang ada di komputer sobat atau sobat bisa mencarinya di internet. Kemudian copy paste gambar photo tadi atau sobat tarik photo yang akan sobat edit ke dalam gambar background.

3. Lakukan duplikat layer pada photo tersebut (Layer 1) dengan menekan Ctrl+J sehingga menghasilkan layer baru (Layer 1 copy). Dan rubah mode normal menjadi screen.

4. Kalo sudah, silahkan sobat gabungkan layer tersebut dengan menekan Ctrl+E. Kemudian duplikat lagi (Ctrl+J) hasil merge tadi. Lalu kasih efek Filter > Blur > Gaussian blur. Atur radius sesuaikan dengan photo yang sobat pakai. Ubah blending mode menjadi overlay. Contohnya hasilnya seperti ini:

5. Selanjutnya saya akan menambahkan efek kilatan cahaya, caranya silahkan sobat buat layer baru dengan menekan Ctrl+Shift+N. Setelah itu baru kita mulai untuk membentuk efek kilatan cahaya dengan menggunakan Pen Tool. Lalu di titik akhir / anchor langsung klik Convert Point Tool, juga berguna untuk untuk melengkungkan sudut (anchor).

6. Setelah itu klik Brush Tool (B) dan atur Master Diameter dan Hardness sesuai keinginan, serta atur warna forground. Disini saya menggunakan warna kuning muda (#ecf39e). klik kembali Pen Tool dan klik kanan tepat pada path yang telah di buat tadi, selanjutnya klik Stroke Path dan pilih Brush pada menu drop down yang tampil. Setelah itu masih dalam Pen Tool, hapus path dengan klik kanan dan Delete Path. Hasilnya seperti ini:


7. Kemudian klik menu Layer > Layer Style, atau bisa langsung double klik pada thumbnail gambar layer pada  layer yang baru saja dibuat dalam kotak layer. Lalu atur Drop Shadow, Inner Glow dan Outer Glow.
Setelah sobat atur semua menurut hasil yang bagus untuk sobat, sekarang buat layer baru (Ctrl+Shift+N) lagi. Ubah blending mode dari normal menjadi soft light, kemudian klik Brush Tool (B). Sampai sini sobat bisa menyapukan brush tool dengan berbagai macam warna pada efek yang barusan dibuat.
Selesai, sobat bisa mengkreasikan lagi menjadi lebih bagus. Hasil akhir dari cara-cara diatas kurang lebih seperti yang telah saya buat seperti ini:


Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar